BOBOTOH MAUNG

Viking Batam, Rela Rogoh Ratusan Juta Tiap Tahun Demi Kecintaan Terhadap Persib

viking batam bobotoh maung bandung id
Viking Batam / dok.pribadi Viking Batam

MAUNG BANDUNG ID – Militansi dan loyalitas dalam mendukung Persib Bandung sudah menjadi tradisi kuat warga Jawa Barat. Kultur ini tak begitu saja luntur meski tuntutan profesi dan jalan hidup menuntun mereka mengembara ke luar Tatar Pasundan. Hal itu pula yang dialami sekumpulan anak-anak muda asal Bandung yang bertualang hingga ke sebuah pulau nun jauh di seberang Singapura.

Di awal tahun 2006 sejumlah anak muda Bandung yang bekerja di Muka Kuning, Kawasan Industri Batamindo Blok P, Pulau Batam, kerap berkumpul untuk menyaksikan bersama-sama siaran langsung laga Persib. Melihat aksi para bintang Pangeran Biru melalui layar kaca seolah menjadi pelepas rindu mereka terhadap kampung halaman.

Kegiatan ini lambat laun memberi ide untuk membentuk sebuah wadah organisasi bagi warga Batam yang memiliki kesamaan minat, yakni kecintaan mendalam kepada Maung Bandung.

“Viking Batam dideklarasikan pada tanggal 7 Februari 2010 yang mana tanggal tersebut dijadikan momentum Harlahnya Viking Batam. Namun, secara legalitas keorganisasian Viking Batam dikukuhkan secara langsung oleh Ketua Umum Viking Persib Club, Pak Herru Joko, pada tanggal 31 Juli 2010. Momen tersebut dibarengi dengan pertandingan friendly match antara Persib Old Star vs PS Palma di Stadion Temenggung Abdul Jamal, Muka Kuning, Batam,” tutur Ketua Viking Batam, Arga, kepada Maung Bandung ID, Jumat (2/4/2021).

“Lalu seminggu kemudian, pada tanggal 14 Februari 2010, kami mengadakan acara ‘One Day Futsal’ sebagai penanda berdirinya Viking Batam dengan mengundang seluruh elemen warga Pasundan, tokoh pemuda, inohong (sesepuh) juga tamu undangan dari kalangan pejabat dan instansi lainnya yang berada di Kota Batam, guna memperkenalkan Viking Batam sebagai wadah silaturahmi pemuda Jawa Barat dalam mendukung Persib Bandung,” lanjut Arga.

Sebelas tahun sudah berlalu sejak Viking Batam pertama kali didirikan. Komunitas Bobotoh ini sekarang telah memiliki sekitar 1800 anggota. Dari angka tersebut yang tercatat resmi dalam KTA berjumlah lebih kurang 800 anggota, sementara sekitar 1000 lagi masih dalam tahap masa orientasi dan akan dimasukkan ke dalam 12 Korwil yang ada di Batam, sesuai domisili masing-masing calon anggota.

Mengusung slogan Totalitas Bukan untuk Popularitas, Viking Batam menekankan kepada para anggotanya untuk lebih mengutamakan total dalam mendukung Persib. Selain itu, Viking Batam pun sangat menjunjung prinsip loyalitas tanpa batas.

“Karena bagi kami popularitas itu hanya sebagai ungkapan nama saja, yang terpenting menjadi pelaku sejarah adalah hal yang membanggakan lebih dari apapun,” tegas Arga.

Simak Juga

Viking Depok Rayakan Hari Jadi yang ke-10

Tanggapan Viking Jakarta Soal Piala Menpora, Rasisme dan Album Kompilasi 3

Manifestasi dari slogan Viking Batam terhadap kecintaan kepada Maung Bandung tidak main-main. Mereka rela merogoh kocek sangat dalam untuk mengundang skuad Pangeran Biru datang ke Batam agar bisa bersilaturahmi langsung dengan para pemain dan tim ofisial.

“Kita biasanya tiap tahun undang pemain Persib dan ofisial ke Batam dan itu sudah berlangsung dari tahun 2010. Dari pemain zaman dulu sampai pemain serta pelatih era sekarang sudah mencicipi suasana Batam seperti apa. Ratusan juta kami kumpulkan hanya untuk mengobati rasa kangen kami pada para pemain Persib Bandung. Ini salah satu pengorbanan kami supaya bisa memberikan hiburan berkesan untuk para anggota Viking Batam,” ungkap Arga.

Isu rasialisme dan radikalisme masih cukup kental terstigma kepada kelompok suporter sepakbola tanah air hingga saat ini. Paradigma negatif tersebut berusaha keras dienyahkan Viking Batam melalui kampanye Lawan Kami dengan Kreativitas. Mereka berupaya membuktikan diri kepada masyarakat luas jika kelompok suporter bisa menghasilkan hal kreatif dan positif.

SImak Juga

Ketua Umum Bobotoh Aswaja Indonesia Sambangi Iwan Bule

Jenuh dengan Pandemi, Bobotoh Nikreuh Cikajang Gelar Laga Futsal Bersama Gartim Boys

Jadi Kelompok Suporter Wanita Pertama di Indonesia, Viking Girls Punya Hobi Unik

Anniversary Viking Batam yang ke-10 tahun 2020 lalu

.

.

“Ini terbukti jika Viking Batam mampu menjadi satu-satunya kelompok suporter di Batam yang selalu mengadakan event setiap bulan, seperti anniversary Korwil dan juga tahunan di anniversary Viking Batam, turun ke jalan untuk aksi sosial seperti membantu pengumpulan dana korban bencana alam, serta mengundang pemain Persib ke Batam. Juga dapat menjadi event organizer pagelaran musik PAS BAND di Batam beberapa tahun silam. Ini bukti nyata kami selalu ada dan kecintaan luar biasa kami kepada Persib Bandung,” imbuh Arga.

Viking Batam pun membuka tangan selebar-lebarnya kepada para Bobotoh ataupun masyarakat luas di wilayah Batam yang tertarik bergabung dan bersilaturahmi dengan Viking Batam. Cara bergabungnya sangat mudah dan tak ada batasan terkait agama, suku maupun ras.

“Bisa DM langsung lewat Instagram ke admin Viking Batam atau langsung datang ke sekretariat di alamat Ruko Grand Niaga Mas Blok B no 9 Batam Center. Setelah itu kita koordinasikan dengan wilayah Korwil yang ditinggali. Dan juga kita menerima anggota dari luar orang Sunda, yang paling penting syaratnya mencintai Persib dan dapat menjaga marwah dari Viking Batam. Karena tidak perlu sedarah untuk menjadi saudara,” jelas Arga.

(REPORTER: ZEZE IVAL / EDITOR: SANGGA HANGGORO)

Simak Juga

Viking Borneo Kalimantan Selatan, Loyalitas di Bumi Antasari

Viking Lampung, Gadaikan Kendaraan Demi Dirikan Organisasi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BOBOTOH MAUNG