BOBOTOH MAUNG

Viking Lampung, Gadaikan Kendaraan Demi Dirikan Organisasi

viking lampung bobotoh maung bandung id
Viking Lampung / dok. Viking Lampung

MAUNG BANDUNG ID – Militansi para suporter Persib Bandung saat ini tak hanya terbatas di wilayah Jawa Barat saja. Banyak komunitas Bobotoh yang berbasis di luar Jawa Barat hingga luar Pulau Jawa. Salah satunya adalah Viking Lampung.

Menurut Ketua Viking Lampung, Dony Hardani, komunitas Bobotoh ini terbentuk di tahun 2011 silam. Tak sedikit upaya, tenaga dan materi agar Viking Lampung bisa berdiri.

“Tahun 2010 di Lampung memang belum ada wadah bagi suporter, khususnya Bobotoh. Berjalannya waktu pada tahun 2011 anak-anak dari wilayah Lampung coba untuk berkoordinasi dan membuat suatu wadah yang dapat mengumpulkan anak anak Lampung yang mencintai Persib Bandung,” ujar Dony kepada Maung Bandung ID, Jumat (22/1/2021).

“Tepat pada tanggal 16 Juni 2011 anggota Viking Lampung berangkat ke Bandung untuk melakukan pengesahan sebagai salah satu Distrik VPC (Viking Persib Club) yang berdomisili di Lampung. Keterbatasan dana dulu memang tidak bisa dipungkiri, dikarenakan status pelajar. Beberapa anggota sampai menggadaikan kendaraannya untuk ongkos biayanya ke Bandung,” ungkapnya.

Tak hanya kompak mendukung Persib saja, Viking Lampung pun memiliki agenda rutin yang berhubungan dengan aktivitas sosial. Begitu juga berbagai kegiatan positif lainnya mereka gelar untuk menjaga tali silaturahmi di antara sesama anggota.

“Setiap dua bulan sekali kami mulai rutin untuk menyambangi setiap panti asuhan yang berada di sekitaran Bandar Lampung yang kebetulan wilayah dari Viking Lampung. Memberi santunan dalam rangka kegiatan sosial bersama masyarakat,” papar Dony.

“Kegiatan mingguan dan bulanan selalu kami lakukan agar anggota dapat menjalin kekompakan. Futsal kami mengadakan setiap dua minggu sekali dalam satu bulan dan dua minggu sekali kami selingi dengan kopdar atau kumpul membahas agenda untuk ke depannya,” lanjutnya.

Simak Juga

Liga 1 2020 Batal, Ini Tuntutan & Tanggapan Manajemen Persib

Selain Vaksin, Dokter Tim Persib Juga Ingatkan Pentingnya Prokes

Saat ini Viking Lampung tercatat memiliki lebih dari 100 orang anggota. Komunitas yang bermarkas di Jalan Untung Suropati Gg Famili 3 nomor 52 itu pun membuka kesempatan lebar-lebar bagi masyarakat Lampung untuk bergabung.

“Untuk pendaftaran anggota resmi, kami sudah melakukan selektivitas dalam perekrutan anggota baru. Dengan memantau dari kegiatan yang dilaksanakan, keaktifan anggota tersebut dalam mengikuti agenda acara. Dari situ kami dapat menilai keseriusan anggota untuk masuk ke wadah Viking Lampung,” jelas Dony.

Seperti halnya para Bobotoh lain, Viking Lampung pun merasa kehilangan dengan vakumnya kompetisi Liga 1. Harapannya hanya satu, PSSI dapat segera memutar kompetisi sepakbola kasta tertinggi di tanah air tersebut.

“Ada rindu di setiap pertandingan, ada cerita di setiap perjalanan menuju stadion, ada canda tawa ketika kami berkumpul untuk menyaksikan pertandingan Persib. Pembatalan Liga 1 musim 2020 ini memang membuat sepakbola indonesia seperti mati suri kembali, ketika liga-liga di belahan negara sudah melaksanakan kembali lanjutan sepakbolanya, Indonesia masih ragu dalam melaksanakan sepakbola, sedangkan Protokol Kesehatan selalu diterapkan. Semoga Liga1 dapat segera bergulir,” cetus Dony.

(REPORTER: ZEZE IVAL / EDITOR: SANGGA HANGGORO)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BOBOTOH MAUNG