BOBOTOH MAUNG

Viking Borneo Kalimantan Selatan, Loyalitas di Bumi Antasari

bobotoh viking borneo kalimantan selatan vikborkalsel maung bandung id
Viking Borneo Kalimantan Selatan / dok.Vikborkalsel

MAUNG BANDUNG ID – Viking Borneo Kalimantan Selatan tak mau melupakan identitas sebagai Bobotoh yang setia mendukung Persib di mana pun berada.

Tuntutan pekerjaan memaksa Devis Setiawan merantau hingga ke Kalimantan Selatan. Namun, kecintaannya terhadap Persib Bandung tak pernah luntur meski belasan tahun harus tinggal berjauhan dari Tatar Pasundan.

Bersama sejumlah rekan perantauan ia pun berinisiatif mendirikan Viking Borneo Kalimantan Selatan (Vikborkalsel). Hal ini dilakukan agar para Bobotoh yang berdomisili di sana memiliki wadah kreatifitas bersama.

“Cikal bakal berdirinya Vikborkalsel lumayan lama. Suka kukumpulan nobar Persib, cuma hanya ngumpul biasa sih. Tapi untuk diresmikannya jadi Viking Borneo Kalimantan Selatan itu tahun 2012,” terang Devis kepada Maung Bandung ID, Sabtu (23/1/2021).

Menurut Devis total anggota Vikborkalsel saat ini sudah mencapai 500-an orang. Lantaran kesibukan dan lainnya, anggota yang aktif mengikuti kegiatan organisasi hanya sekitar 150 orang saja.

Tak banyak kegiatan bisa dilakukan Vikborkalsel yang berkaitan dengan Persib selama vakumnya kompetisi Liga 1 akibat pandemi Covid-19. Kendati begitu mereka tetap berupaya menggelar kegiatan bersama untuk menjaga komunikasi dan silaturahmi.

“Acara rutin biasanya setiap minggu futsal. Setelah futsal paling ngobrol-ngobrol sambil ngopi, ngawangkong ngaler-ngidul tentang Persib,” cetus pria asli Majalaya tersebut.

“Untuk silaturahmi menjaga tali duduluran, Vikborkalsel biasanya bikin acara turnamen futsal atau minisoccer intern Vikborkalsel,” lanjutnya.

Simak Juga

Beckham Bantah Rumor Persib Halangi Dirinya ke Eropa

Robert Alberts Ingin Persib Pertahankan Komposisi Pemain Asing

Mengusung slogan ‘Loyalitas di Bumi Antasari’, Vikborkalsel tak mau melupakan identitas sebagai Bobotoh yang setia mendukung Persib di mana pun berada. Namun, untuk rekrutmen anggota mereka tak membeda-bedakan latar belakang SARA.

“Kalau mau gabung syarat yang paling utama mah resep Persib sih. Karena kan ini organisasi suporter. Tapi kalau untuk masalah suku mana suku mana mah nggak jadi patokan, bebas aja. Saha nu teriak ‘Hidup Persib!’ dan satu komando di Vikborkalsel itulah anggota kami,” papar Devis.

Vikborkalsel pun menitip pesan kepada para punggawa Maung Bandung agar senantiasa menjaga kondisi tubuh, sehingga saat Liga 1 dimulai dapat menampilkan performa terbaik.

“Harapan tahun ini mudah-mudahan liga bisa bergulir lagi. Dan untuk Persib jaga stamina para pemain, semoga juara di tahun ini,” imbuh Devis.

Bagi kalian yang berdomisili di wilayah Kalimantan Selatan dan tertarik bergabung dengan Viking Borneo Kalimantan Selatan dapat bertandang langsung ke sekretariat Vikborkalsel di Jalan Kelapa Gading 1 Komplek Tia Permata Resort, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

(REPORTER: ZEZE IVAL / EDITOR: SANGGA HANGGORO)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BOBOTOH MAUNG