MAUNG NASIONAL

Pemain Incaran Shin Tae-yong Terancam Tak Bisa Dinaturalisasi, Ini Penyebabnya

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, disebut tertarti menaturalisasi Ryan Flamingo yang saat ini memperkuat FC Utrecht / Instagram/@ryanflamingo

MAUNG BANDUNG ID – FIFA memperbolehkan seorang pemain dinaturalisasi jika belum memperkuat Timnas senior. Sementara Timnas Indonesia dalam waktu dekat akan diperkuat pemain naturalisasi Grade A.

Dua pemain keturunan incaran Shin Tae-yong, yakni Million Manhoef dan Ryan Flamingo, terancam batal dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Pasalnya, kedua pemain itu dipanggil oleh Timnas Belanda U-21 untuk Kualifikasi Piala Eropa U-21 2025.

Jelas ini bukan kabar yang bagus bagi Shin Tae-yong dan PSSI, yang memang sedang menggencarkan program naturalisasi demi meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Seperti diketahui, media Korea Selatan, Best Eleven sebelumnya mengabarkan bahwa Ryan Flamingo masuk dalam radar Shin Tae-yong untuk mengisi lini pertahanan Timnas Indonesia.

Pemain Sassuolo yang sedangkan dipinjamkan ke FC Utrecht itu, diketahui memiliki darah keturunan Suriname-Indonesia. Sementara itu, Million Manhoef mencuat sebagai salah satu pemain keturunan di posisi lini serang, yang hendak dinaturalisasi.

Baca Juga

Absen Lawan Persebaya, Daisuke Sato Sudah Tinggalkan Persib

Tidak Away ke Surabaya Demi Persib, HSGI dan Bobotoh Garut Gelar Nobar

Pemain berusia 21 tahun itu belum lama ini mencetak gol dalam laga Liga Belanda 2023-2024 (Eredivisie) untuk Vitesse Arnhem. Akan tetapi, peluang menaturalisasi keduanya terancam batal. Sebab, Million Manhoef dan Ryan Flamingo masuk dalam daftar skuad Timnas Belanda U-21.

Flamingo dan Manhoef diproyeksikan tampil bersama Jong Oranje untuk laga Kualifikasi Piala Eropa U-21 2025. Pelatih Michael Reiziger memanggil keduanya untuk mengikuti babak kualifikasi tersebut. Manhoef dan Flamingo diproyeksikan untuk melawan Timnas Georgia U-21 dan Timnas Gibraltar U-21.

Pasalnya, FIFA memperbolehkan seorang pemain dinaturalisasi jika belum memperkuat Timnas senior. Sementara Timnas Indonesia dalam waktu dekat akan diperkuat pemain naturalisasi Grade A. Jay Idzes yang sedang tampil bersama Venezia di Serie B Italia akan segera menyelesaikan proses naturalisasi.

Ryan Flamingo Tak Memenuhi Syarat Dinaturalisasi

Ada pula kabar yang menyebutkan bahwa Ryan Flamingo ternyata tidak memenuhi syarat untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. Hal tersebut karena darah keturunan Indonesia Ryan Flamingo hanya ada pada buyutnya.

Sementara, seperti diketahui, syarat pemain keturunan untuk dinaturalisasi paling tidak kakek dan neneknya orang Indonesia.

“Ada yang bilang dia nggak eligible karena darahnya terlalu jauh. Valid kah info itu?,” tanya @ksdkk.222 pada akun Instagram @footballstatistik tersebut.

Sontak, pertanyaan ini pun direspon beragam oleh warganet. Banyak yang membenarkan bahwa darah keturunan Ryan terlalu jauh untuk masuk dalam persyaratan naturalisasi.

“Sekarang FIFA batasi (naturalisasi) hanya 2 generasi alias kakek/nenek,” validasi @mexfadli.

Baca Juga

Apa Kata Ciro Alves Usai Cetak Gol Cepat ke Gawang Persebaya?

Menang Dramatis Atas Persebaya, Begini Kata Bojan Hodak

Meski demikian, ada juga yang menyebut bahwa Ryan masih bisa menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia dengan beberapa syarat khusus.

“Menurut sejarah saja, setahu saya imigran orang Jawa pindah ke Suriname itu munculnya setelah tahun 1900-an.

“Artinya, jika ada pemain keturunan dari Suriname itu jatuhnya ke orang tua (paling dekat) dan kakak/neneknya (paling jauh). Kalau buyut? Mungkin bisa (eligible) asal kakek/neneknya masih pegang paspor Indonesia. meskipun stay di Suriname,” terang @guardianarmor.

Meskipun banyak yang menyebut bahwa Shin Tae-yong tertarik pada Ryan Flamingo, belum bisa dipastikan bahwa pemain ini akan bergabung ke Timnas Indonesia.

More in MAUNG NASIONAL