MAUNG BANDUNG

Imbang Lawan PSS Sleman, Persib Melenggang ke Final Piala Menpora 2021

persib pss sleman piala menpora 2021
Striker Persib, Ezra Walian (kanan), berduel dengan kapten PSS Sleman, Bagus Nirwanto (kiri), pada laga leg kedua semifinal Piala Menpora 2021, Senin (19/4/2021) malam WIB / Media Official Persib

MAUNG BANDUNG ID – Persib Bandung bermain imbang dengan PSS Sleman di leg kedua semifinal Piala Menpora 2021. Skor akhir laga Senin (19/4) malam WIB itu adalah 1-1 (agregat 3-2). Gol-gol dicetak oleh Saddam Gaffar (74′) dan Ezra Walian (84′).

Persib yang unggul agregat 2-1 tetap mencoba bermain dominan sejak awal laga. Hasilnya, Frets sukses melepas sepakan di kotak penalti pada menit ke-3, tetapi gagal berbuah gol karena bola melambung tinggi.

Dua menit berselang, Ezra melepas tembakan dari luar kotak penalti. Namun, itu gagal berbuah gol karena bola menyamping tipis di sisi kanan gawang PSS Sleman. Pada menit ke-9, Beltrame diganjar kartu kuning karena melepas tekel keras kepada Frets untuk menghentikan dribelnya. Akibatnya, Frets terkapar sementara dan harus mendapat perawatan.

Sepuluh menit laga berjalan, PSS Sleman kesulitan menembus pertahanan Persib yang cukup rapi. Elang Jawa kerap kehilangan bola di tengah lapangan dan sepertiga akhir. Maung Bandung sendiri begitu mengandalkan winger mereka. Kecepatan Febri dan Frets menyulitkan PSS Sleman. Derry bahkan diganjar kartu kuning saat menjatuhkan Febri di menit ke-17.

Peluang terbaik PSS Sleman baru hadir di menit ke-24. Irfan melepas sepakan dari depan kotak penalti, tetapi bola masih meninggi. Skor 0-0 bertahan hingga cooling break.

Pada menit ke-37, Dedi Kusnandar terkapar karena efek benturan di kepala belakang. Pada akhirnya, ia mesti ditandu keluar dan digantikan oleh Farshad Noor. Enam menit berselang, ia diperlihatkan kamera TV ditandu keluar stadion dengan dibantu tabung oksigen.

Sebagai informasi, Dedi memang tercatat beberapa kali melakukan duel di sepanjang laga, lalu memegang kepala setelahnya. Ada momen Dedi jatuh tertidur dengan kepala terbentur ke lapangan lumayan kencang usai duel udara. Ia tak langsung terkapar, barulah di menit ke-37 gelandang yang akrab disapa Dado itu tergeletak.

Pada menit ke-44, Luiz melepas sepakan tendangan bebas keras dan akurat. Namun, Ega berhasil menepisnya. Tiga menit berselang, Ega terkapar karena mengalami cedera dan harus digantikan Miswar Saputra.

Pada menit 45+6, Miswar menangkap sepakan tendangan bebas akurat Febri. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Simak Juga

Ambisi Made Wirawan Catatkan Clean Sheet di Laga Kontra PSS Sleman

Ingin Pertahankan Tren, Persib Enggan Main Aman Lawan PSS Sleman

Pada babak kedua, Irfan kembali mengancam gawang Persib, tepatnya di menit 47. Ia melakukan cut inside dan melepas sepakan akurat dari depan kotak penalti dan Made bisa menangkapnya.

Dua menit berselang, Irfan kembali melepas sepakan akurat, kali ini dari momen tendangan bebas dari arah kanan sisi pertahanan Persib. Namun lagi, Made masih bisa menggagalkan peluang PSS Sleman.

10 menit babak kedua berjalan, Persib mulai keteteran dalam bertahan. Terutama, setelah PSS Sleman memasukkan Irkham Zahrul Mila yang menggantikan Arthur.

Pada menit 59, Frets nyaris mencetak gol. Memanfaatkan umpan terobosan Beckham, Frets melepas sepakan akurat di kotak penalti, tetapi bola bisa ditepis Miswar dan bola meluncur ke mistar dan out.

Pada menit 64, PSS Sleman tinggal bermain dengan 10 orang. Beltrame diganjar kartu kuning kedua, lalu kartu merah, usai menekel Luiz. Setelahnya, Persib kian leluasa menyerang.

Pada menit 71, Miswar kembali menunjukkan kualitasnya. Miswar berhasil melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola sepakan akurat Febri dengan tangan kirinya.

Gol yang dinanti PSS Sleman tercipta di menit 74. Saddam melepas sepakan first time keras dan akurat yang menghujam gawang Persib usai menerima umpan silang lambung dari Samsul Arifin. 1-0.

Sayangnya, Saddam tak bisa bertanding hingga akhir. Ia ditarik keluar di menit ke-83 usai mengalami masalah pada hamstring karena salah saat mendarat.

Gol yang dinanti Persib baru hadir di menit 84. Ezra mencetak gol via sundulan kepalanya usai menerima umpan lambung silang dari Ardi. 1-1.

Pada menit 90+1, Irfan nyaris mencetak gol. Sayang, sepakannya dari dalam kotak penalti masih terlalu meninggi. Semenit berselang, Noor mendapat kans sepakan tendangan jarak jauh, tetapi bola pun mengudara di atas mistar.

Skor 1-1 bertahan hingga bubar. Persib menang dengan keunggulan agregat 3-2.

Susunan Pemain

Persib: I Made Wirawan (GK), Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus, Dedi Kusnandar, Beckham Putra, Febri Hariyadi, Frets Butuan, Ezra Walian, Wander Luiz.

PSS Sleman: Ega Rizky Pramana (GK), Bagus Nirwanto, Fabiano Beltrame, Maslac Mario, Arthur Irawan, Aaron Evans, Kim Kurniawan, Nico Velez, Irfan Jaya, Derry Rachman, Saddam Gaffar.

Simak Juga

Tak Hanya Tiket Final, Persib Incar Target Ini di Piala Menpora 2021

Antisipasi Adu Penalti, Pelatih PSS Sleman Sudah Siapkan Skenario

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in MAUNG BANDUNG