MAUNG BANDUNG

Video Chant Rasis di Laga Persib Bandung vs Bali United yang Diunggah Fans Persija Ternyata Hoax

persib bali united piala menpora maung bandung id
Persib bermain imbang 1-1 kontra Bali United pada laga perdana Piala Menpora 2021, Rabu (24/3/2021 malam WIB / bola

MAUNG BANDUNG ID – Video itu kemudian tersebar luas di media sosial dan menimbulkan pro dan kontra. Tak begitu lama kemudian, terkuak jika video yang dimaksud adalah video editan.

Beredar video chant suporter diduga bernada rasisme yang berkumandang pada siaran langsung laga Persib Bandung versus Bali United dalam matchday 1 grup D Piala Menpora 2021.

Namun video tersebut dengan cepat dikonfirmasi hoaks alias berita palsu. Laga ini juga diwarnai hoaks di media sosial mengenai ujaran rasisme yang menjadi latar suara di siaran televisi Indosiar.

Pada awalnya ada akun fans Persija Jakarta yang memposting video potongan siaran langsung laga Persib Bandung versus Bali United. Mereka meminta klarifikasi pihak penyedia siaran yakni Indosiar dan komentator yang sedang bertugas kala itu, Valentino Simanjuntak karena terdengar ujaran rasisme sebagai latar suara.

Video itu kemudian tersebar luas di media sosial dan menimbulkan pro dan kontra. Tak begitu lama kemudian, terkuak jika video yang dimaksud adalah video editan.

Sehingga berita yang menyebut pihak penyedia siaran menyetel latar suara suporter bernada rasisme adalah hoaks/berita palsu. Melalui akun twitternya, Indosiar mengklarifikasi hal tersebut.

Indosiar juga memposting video asli, di mana tidak ada latar suara bernada rasisme dalam siaran langsung laga Persib Bandung versus Bali United.

“Hati-hati beredar video HOAX pertandingan Piala Menpora yang memprovokasi suporter Indonesia,” tulis Indosiar.

“Nih cek dulu video aslinya yaa,” lanjut tulisan tersebut.

Simak Juga

Made Wirawan: Kami Akan Segera Evaluasi!

Cuma Dapat 1 Poin Lawan Bali United, Robert Tak Lihat Hasil Akhir

Sementara laga Persib Bandung kontra Bali United berlangsung seru namun berakhir tanpa pemenang. Kedua tim terpaksa menerima hasil imbang 1-1. Setelah babak pertama kedua tim gagal mencetak gol, tampaknya mereka baru panas di babak kedua.

Bali United mampu membuka keunggulan pada menit ke-52. Berawal dari sundulan Ilija Spasojevic yang menerpa tiang gawang Persib, bola kemudian disambar oleh Willian Pachecho.

Usai mencetak gol, Bali United harus bermain dengan 10 orang menyusul kartu merah yang diterima Andika Wijaya. Kemenangan yang sudah di depan mata untuk Bali United pada akhirnya sirna di menit-menit akhir laga. Tepatnya pada menit ke-89, Frets Butuan menjadi penyelamat Persib Bandung dari kekalahan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in MAUNG BANDUNG