MAUNG SALAWASNA

Persib On This Day: Kado Ulang Tahun dari Abanda Herman

abanda herman persib maung bandung id
Abanda Herman / Official Media Persib

MAUNG BANDUNG ID – Abanda Herman memberikan kado manis berupa gol kemenangan atas Pelita Jaya pada laga lanjutan Indonesia Super League 2010/2011.

Laga lanjutan Indonesia Super League 2010/2011 pada 12 Maret 2011, tepat hari ini sepuluh tahun yang lalu, Persib menjalani laga tandang ke Karawang guna menghadapi Pelita Jaya. Pertandingan ini bisa dibilang istimewa, selain menang dikandang lawan, gol yang membawa kemenangan Maung Bandung atas Pelita Jaya tersebut disumbangkan oleh pemain anyar, Abanda Herman, lewat sundulan kepalanya pada menit ke-63.

Sempat unggul lebih dulu saat laga baru berjalan sepuluh menit melalui gol Shohei Matsunaga, gawang tim kebanggaan Bobotoh ini dijebol pemain asing Pelita Jaya, Juan Andres Nohuera Ramirez melalui titik penalti pada menit ke-53.

Beruntung Persib mendatangkan Abanda Herman yang kala itu menyandang status pemain asing termahal. Tak hanya piawai menjaga benteng pertahanan, namun bek kelahiran Younde, Kamerun itu pun mampu menjadi pemecah kebuntuan Maung Bandung. Kemampuannya dalam duel udara pada akhirnya membawa kemenangan Persib atas Pelita Jaya.

Berkat kemenangan tersebut Pangeran Biru memperbaiki posisinya ke peringkat 10, mengumpulkan poin 19 dari 16 pertandingan. Ini menjadi kado indah bagi Maung Bandung di hari jadinya yang ke-78 serta mengobati kekecewaan Bobotoh karena Persib saat dinahkodai Danil Rukito tidak menuai nasib mujur. Kala itu Maung Bandung terpaksa tertatih-tatih menempati papan tengah klasemen.

Abanda Herman sendiri dikenal sebagai sosok low profile. Meski berstatus pemain berkantong tebal, tak lantas membuat Abanda hidup dengan fasilitas serba mewah. Pemain yang terkenal alim dan pendiam itu memilih untuk menabung uang yang didapatkannya dari hasil bermain sepakbola dan menyisihkannya untuk keluarganya di Kamerun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in MAUNG SALAWASNA