MAUNG SALAWASNA

On This Day: Debut Kosin yang Mencuri Hati Bobotoh

kosin hathairattanakool persib maung bandung id
Kosin Hathairattanakool / bobotoh.id

MAUNG BANDUNG ID – Sinthaweechai ‘Kosin’ Hathairattanakool menjalani laga perdana bersama Pangeran Biru dengan tampil brilian.

Ketika mendengar kata Thailand, serentak teringat dalam hati Bobotoh adalah Kosin Hathairattanakool dan Suchau Nuchnum. Keduanya tampil apik ketika membela skuat Pangeran Biru beberapa tahun silam.

Kosin datang lebih awal dibanding dengan Suchau. Kosin, nama yang lebih familiar di telinga Bobotoh sebelum menggantinya dengan Sinthaweechai, mendarat di Bandung pada tahun 2006. Ia datang saat Liga Indonesia (LI) XII/2006 sudah bergulir dan Persib tengah kurang mujur di awal kompetisi.

Tidak perlu menunggu waktu lama bagi Kosin untuk mencuri perhatian para Bobotoh. Selain penampilan atraktifnya di bawah mistar gawang Maung Bandung, parasnya yang tampan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Bobotoh, khususnya para Maung Geulis. Bahkan Bobotoh mempunyai julukan tersendiri untuk Kosin, yakni ‘Meteor Garden’ karena perawakannya yang tegap dan wajah oriental layaknya personil boyband F4, grup musik asal Taiwan.

Kosin menjalani debut perdananya dengan Persib ketika melawan Arema di Stadion Siliwangi, 11 Februari 2006, tepat hari ini 15 tahun silam. Kala itu Maung Bandung menang tipis atas tamunya dengan skor 1-0 lewat gol yang disarangkan striker berpaspor Maroko, Redouanne Barkaoui, pada menit ke-56.

Tertinggal satu gol, Arema berusaha terus-menerus memborbardir pertahanan Persib untuk menyamakan skor. Lini pertahanan tuan rumah pun sempat dibuat kocar-kacir.

Simak Juga

On This Day: Duel Persik Versus Persib yang Berujung Maut

Persib Kalah di Kandang Deltras Akibat Penalti Kontroversial

Sampai pada akhirnya di menit ke-67 Arema mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan oleh Kosin terhadap Firman Utina di area terlarang. Namun, Kosin menebus kesalahannya dan berhasil menepis eksekusi penalti yang dilakukan oleh Emaleu Serge. Skor 1-0 untuk Persib bertahan hingga akhir pertandingan.

Lewat debut pertamanya yang gemilang tersebut nama Kosin semakin melambung dan banyak dielu-elukan para suporter fanatik Pangeran Biru.

Kebersamaan Kosin dengan Persib bisa dibilang singkat. Ia hanya membela Maung Bandung pada musim 2006. Tiga tahun berselang Persib sempat mendatangkannya kembali dengan status pinjaman dari klub Chonburi.

Meski kehadirannya singkat, Kosin meninggalkan kesan mendalam bagi Bobotoh. Ia memberikan warna baru di kompetisi sepakbola Indonesia yang kala itu belum lazim merekrut pemain impor dengan posisi penjaga gawang.

Kosin sendiri memberikan efek yang luar biasa untuk perkembangan Persib. Ia memberi masukan mengenai pentingnya peran seorang pelatih kiper di dalam sebuah tim. Sarannya tersebut ditindaklanjuti secara serius oleh manajemen Persib dengan mendatangkan Anwar Sanusi sebagai pelatih kiper.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in MAUNG SALAWASNA