BOBOTOH MAUNG

Sosok Bobotoh Lawas Ini Akui Nonton Persib di Stadion Sekarang Jauh Lebih Nyaman dan Aman

Erwin Bhule (memakai kacamata) saat menyaksikan laga Persib vs Persita di GBLA, Ahad (1/10/2023) © Maung Bandung ID - Riandhi Ramdhan

MAUNG BANDUNG ID – Sebagai sosok yang selama tiga puluh tahun lebih jarang absen mendukung Persib dari tribun stadion, Erwin merasakan betul bagaimana perbedaan keamanan dan kenyamanan laga kandang Persib musim ini begitu signifikan.

Memasuki pekan pertama bulan Oktober ini tepat satu tahun Tragedi Kanjuruhan terjadi. Insiden yang sangat memilukan tersebut membuka mata banyak pihak bahwa dunia persepakbolaan Indonesia nyatanya masih jauh dari layak, terutama perihal keamanan dan kenyamanan suporter di dalam stadion.

Persib Bandung menjadi yang terdepan menyikapi Tragedi Kanjuruhan. Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) segera melakukan pembenahan dan perbaikan agar bisa menjadikan stadion sebagai tempat yang aman dan nyaman.

Meskipun berbagai upaya pembenahan yang dilakukan manajemen Persib tersebut masih mengundang kritikan dari sejumlah komunitas Bobotoh, khususnya sistem tiket laga kandang Persib, namun banyak juga Bobotoh yang justru merasa terobosan manajemen Persib memberikan dampak positif bagi para suporter yang ingin menyaksikan langsung skuad asuhan Bojan Hodak bertarung di Gelora Bandung Lautan Api.

Salah satunya seperti yang diutarakan oleh Erwin Poernama. Pria yang sudah menyaksikan langsung laga Persib di Siliwangi sejak era perserikatan itu mengaku terpesona dengan atmosfer pertandingan kandang Maung Bandung musim ini. Suasana Gelora Bandung Lautan Api menurutnya tak ubahnya seperti liga-liga besar Eropa, di mana pertandingan sepakbola menjadi hiburan yang menyenangkan dan aman bagi keluarga.

“Alhamdulillah sungguh nyaman, nikmat dan lebih asyiknya lagi bisa bawa si bungsu untuk nonton ke stadion tanpa merasa khawatir bakal terjadi keributan. Kebetulan dia sangat suka keadaan stadion,” ujar sosok yang lebih dikenal sebagai Erwin Bhule ini kepada Maung Bandung ID, Kamis (5/10/2023).

Baca Juga

Marc Klok Cs Dipanggil Timnas, Goran Paulic Bangga

Umuh Muchtar Bocorkan Nasib Achmad Jufriyanto di Persib

Sebagai sosok yang selama tiga puluh tahun lebih jarang absen mendukung Persib dari tribun stadion, Erwin merasakan betul bagaimana perbedaan keamanan dan kenyamanan laga kandang Persib musim ini begitu signifikan.

“Sangat berbeda, dulu rada gimana gitu, terutama kalau bawa anak kecil. Tapi sekarang saya bisa mengasuh anak sembari estafet untuk melanjutkan kecintaan terhadap Persib,” lanjut Erwin yang saat ini tengah membentuk wadah komunitas bagi para suporter Pangeran Biru bertajuk Bukan Bobotoh Biasa (BBB).

Terkait isu tiket online yang disebut-sebut membuat Bobotoh kesulitan untuk membeli tiket kandang Persib, ia justru mengaku tak pernah menemukan kesulitan yang dimaksud. Bahkan dari 7 laga yang sudah dimainkan Persib di Gelora Bandung Lautan Api, belum sekalipun Erwin absen berada di tribun.

“Ketika diluncurkan sistem tiket (online) saya ngerasanya cukup lancar. Selama ini belum ada kendala. Selalu lancar, makanya selalu nonton di stadion,” ucapnya.

“Apalagi sekarang ada tiket keluarga, jadi bisa nonton semua bersama keluarga,” lanjut Erwin.

Kendati demikian, ia merasa manajemen Persib harus terus melakukan peningkatan, salah satunya seperti tempat penukaran tiket. Erwin menilai jika tempat penukaran bisa tersedia di beberapa tempat tentu akan lebih memudahkan.

“Terutama buat para Bobotoh yang dari luar kota, kalau bisa disediakan (tempat penukaran) di sekitar stadion biar aksesnya lebih tambah mudah,” pungkasnya.

Baca Juga

Bojan Hodak Sebut Kesuksesan Klub Asal Levy Madinda di Malaysia Karena Uang

Persib Tembus 3 Besar Klasemen Sementara, Umuh Guyur Bonus!

More in BOBOTOH MAUNG