MAUNG NGORA

Tekad Legenda Persib Cetak Pemain Handal Lewat Akademi KTFA Jabar

ktfa jabar maung bandung id
Akademi Sepakbola (Karang Taruna Football Academy) Jabar

MAUNG BANDUNG ID – Jawa Barat tak pernah kehabisan bibit-bibit potensial calon pesepakbola handal. Hal ini ditunjang pula dengan berkembangnya banyak akademi sepakbola di Tatar Priangan.

Salah satu sekolah sepakbola yang tengah naik daun adalah Karang Taruna Football Academy (KTFA) Jabar. Meski belum genap berusia tiga tahun, tetapi KTFA Jabar memiliki sarana dan staf pendidik yang representatif untuk mengasah kemampuan pemain sejak usia dini.

Tak heran, mengingat salah satu penggagas dan pendiri akademi sepakbola ini adalah Adjat Sudradjat, sang legenda Persib Bandung. Adjat sendiri kini menjabat sebagai Kepala Sekolah KTFA Jabar.

“Terbentuk tahun 2018 namun KTFA Jabar punya harapan besar dan mimpi dalam mendidik anak-anak berlatih sepakbola, yaitu membina siswa didik agar kelak mampu menjadi pemain Persib dan Timnas Indonesia,” tutur Adjat Sudradjat kepada Maung Bandung ID, Rabu (27/1/2021).

“KTFA sebagai wadah bagi anak-anak Bandung untuk meraih impian menjadi pemain Persib dan Timnas, tentu kami harus mendidik anak-anak disiplin dengan attitude yang baik dan kedisiplinan tinggi dalam pola latihan yang terkonsep dan tertata dengan baik,” lanjut mantan pemain yang pernah mengantarkan Persib dua kali kampiun trofi Perserikatan itu.

Simak Juga

Akademi Persib Bared Banjar Patroman Jalin Kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Kota Banjar

Jenuh dengan Pandemi, Bobotoh Nikreuh Cikajang Gelar Laga Futsal Bersama Gartim Boys

KTFA Jabar yang bermarkas di Lapangan Sport Hall Arcamanik, Kota Bandung tersebut, mempunyai kurikulum pendidikan dengan efektivitas optimal. Menurut pelatih kepala KTFA Jabar, Coach Tito, pola latihan tiga kali dalam seminggu dinilai cukup efektif menerapkan materi latihan yang bervariasi.

“Yang lebih diterapkan di KTFA Jabar adalah kekompakan tim dan kedisiplinan serta attitude pemain. Bagus permainannya kalau attitude-nya jelek buat apa. Makanya kami lebih menekankan attitude terlebih dahulu hingga anak punya karakter yang baik,” ungkap Tito.

Terbagi dalam kelompok usia delapan hingga lima belas tahun, KTFA Jabar kini memiliki sekitar 150 siswa didik. Selain mengarahkan teknik dan mental di atas lapangan, akademi pun selalu intens menjalin komunikasi dengan para orang tua siswa untuk menjaga psikologis anak selalu kondusif.

“Kami sangat bersyukur karena dukungan dari orang tua siswa didik sangatlah bagus ke KTFA Jabar. Mulai dari laga kandang maupun tandang orang tua siswa didik antusias mengantar anak-anaknya,” cetus Tito.

“Semoga kami bisa mencetak pemain-pemain sepakbolabola berkualitas dan semoga kami bisa jadi sejarah buat siswa didik yang ke depannya sukses di dunia sepakbola,” harapnya.

(REPORTER: IRFAN RISYANDI / EDITOR: SANGGA HANGGORO)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in MAUNG NGORA