MAUNG BANDUNG

Luizinho Passos Optimis 2 Kiper Muda Persib Bakal Jadi Andalan di Masa Depan

Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos, ketika mendampingi anak-anak asuhnya di laga Persib vs Persita di Stadion GBLA, Ahad (1/10/2023) © Maung Bandung ID - Riandhi Ramdhan

MAUNG BANDUNG ID – Peran kiper junior di skuad senior memang belum bisa dirasakan secara langsung dalam pertandingan karena keduanya jarang dimainkan. Persib tampaknya belum siap menurunkan kiper muda seiring dengan tekanan dan tuntutan yang tinggi sebagai klub besar.

Ketika berkompetisi di Liga 1 2018-19 dan 2021-22, Persib Bandung pernah punya sejumlah kiper dengan level tim nasional. Salah satu di antaranya adalah I Made Wirawan, kiper kawakan yang pernah membela timnas.

Kemudian Muhammad Natshir Mahbuby juga pernah merasakan tampil di skuad timnas Indonesia.

Dua kiper junior Aqil Savik dan Erlangga Setyo adalah dua kiper yang menjadi bagian skuad Garuda Muda kala itu. Dua penjaga gawang terakhir itu digadang-gadang akan menjadi kiper masa depan Persib Bandung.

Namun, nyatanya, hingga kini tak ada satu pun dari mereka jadi andalan dalam Liga 1 2023-24. Aqil Savik memilih hengkang ke Bhayangkara FC, sedangkan Erlangga Setyo memilih pergi ke Persis Solo. Muhammad Natshir kini sudah memperkuat Dewa United meskipun bukan kiper utama.

I Made Wirawan telah pensiun dan menjadi staf kepelatihan Persib. Made menjadi asisten pelatih penjaga gawang Luizinho Passos.

Dari program tim akademi, Persib kini punya generasi baru di jajaran penjaga gawang. Mereka adalah Putra Sheva Sanggasi dan Fitrah Maulana yang promosi ke skuad senior musim 2023 ini. Dua nama ini adalah pelapis tiga kiper senior Persib, yakni Teja Paku Alam, Fitrul Dwi Rustapa, dan Reky Rahayu.

Peran kiper junior di skuad senior memang belum bisa dirasakan secara langsung dalam pertandingan karena keduanya jarang dimainkan. Persib tampaknya belum siap menurunkan kiper muda seiring dengan tekanan dan tuntutan yang tinggi sebagai klub besar.

Baca Juga

Persib Dipastikan Kedatangan 1 Pemain Asing Pekan Ini

Kontrak David da Silva Habis, Pelatih Persib Masih Lihat Situasi

Namun dalam sesi latihan, Sheva dan Fitrah sangat berperan untuk lebih mematangkan kiper senior. Luizinho Passos juga senang melihat Sheva dan Fitrah ada di timnya. Menurutnya, mereka punya kualitas, keduanya pun diproyeksikan menjadi kiper masa depan Maung Bandung.

“Saya sangat menyukai mereka. Mereka dua kiper untuk masa depan Persib. Sheva punya kualitas, bagus dan memiliki dedikasi yang bagus,” kata Passos.

“Fitrah juga sama, dia sekarang bermain untuk tim U-18 karena liga (Elite Pro Academy) sudah dimulai.”

“Saya harap mereka bisa memperlihatkan performa yang bagus,” lanjut pelatih asal Brasil ini, yang sudah bertugas di Persib sejak 2019.

Pernah kehilangan Aqil Savik dan Erlangga Setyo, Passos berharap bisa mempromosikan lagi kiper muda setelah terakhir kali sukses mempromosikan Nadeo Argawinata di Borneo FC. Ia merasa Persib punya kiper masa depan yang bagus dalam diri Sheva dan Fitrah.

“Saya rasa Persib Bandung punya dua penjaga gawang untuk masa depan yang memiliki talenta,” ujarnya.

Baca Juga

Bawa Persib Menang Dramatis Lawan Persebaya, Marc Klok Siap Terbangkan Juga Garuda

STY Target Banjir Gol di Timnas Indonesia vs Brunei

More in MAUNG BANDUNG