MAUNG NASIONAL

PSSI Gelar Sarasehan Suporter Sepakbola Indonesia

MAUNG BANDUNG ID – Maksud dan tujuan dari PSSI, KONI, beserta Kemenpora menggelar sarasehan ini adalah mendengar saran dari suporter.

PSSI menggelar sarasehan bersama 80 suporter seluruh Indonesia dari 18 klub Liga 1 dan 6 klub dari Liga 2. Tak sendirian, PSSI mengadakan kumpul dengan suporter bersama KONI dan Kemenpora. Acara ini digelar di Hotel Aston Kartika, Jakarta, Rabu (16/11/2022).

Dari PSSI diwakili oleh Ketua Umum Mochamad Iriawan. Sedangkan KONI juga diwakili oleh sang Ketua Umum, Marciano Norman dan Kemenpora diwakili oleh Plt. Deputi 4 bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Raden Isnanta.

Menurut Mochamad Iriawan, suporter adalah bagian penting dalam sebuah pertandingan. Suporter tidak hanya sekadar menjadi kelompok orang yang datang di stadion, melainkan juga menjadi pemain kedua belas.

“Tentunya peran suporter sangat penting dalam setiap pertandingan atau event antarsatu klub dan klub lainnya. Suporter adalah pemain kedua belas, tanpa suporter situasi lapangan tidak akan semarak, situasinya berbeda,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule dikutip dari laman resmi PSSI.

Selain itu, maksud dan tujuan dari PSSI, KONI, beserta Kemenpora menggelar sarasehan ini adalah mendengar saran dari suporter.

Baca Juga

PT LIB: Klub-klub Ingin Liga 1 2022-23 Berjalan dengan Format Home-Away

Gantikan Akhmad Hadian Lukita, PT LIB Tunjuk Ferry Paulus Sebagai Direktur Anyar

“Tentunya kami PSSI, KONI meminta masukan dari teman-teman sekalian apa yang diinginkan dan menjadi formulasi atau kesimpulan bersama dari sarasehan ini,” tambahnya.

Senada dengan Iriawan, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman juga mengakui besarnya peran suporter dalam sepakbola Indonesia.

“Kita harus duduk bersama dengan para suporter, suporter ini memegang peranan sangat besar dalam sepakbola Indonesia,” ujar Marciano Norman.

Apalagi, sempat ada Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Oktober lalu. Suporter menjadi korban atas kejadian yang menewaskan 135 orang tersebut.

“Dalam dinamika yang ada, pelanggaran prosedur sudah ditangani Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF). Semua ini sedang berjalan, proses penegakan hukum dan organisasi juga berjalan dengan dikelola oleh PSSI. Sekarang kita mengajak suporternya,” terang Marciano.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 Lanjutkan TC di Spanyol

Satgas Transformasi Sepakbola Indonesia Rumuskan Finalisasi SOP

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in MAUNG NASIONAL