MAUNG BANDUNG

Trik Atasi Kelelahan, Persib Punya Modal Bagus Jelang Final Piala Menpora 2021 Kontra Persija

persib persija piala menpora 2021
Robert Alberts memimpin sesi latihan Persib, Rabu (21/4/2021) / Media Official Persib

MAUNG BANDUNG ID – Persib punya modal rekor belum terkalahkan di sepanjang turnamen pramusim. Bahkan, jika ditarik ke belakang, Maung Bandung belum terkalahkan sejak 2020 atau sejak kompetisi Liga 1 2020 digulirkan dan akhirnya berhenti karena Covid-19.

Persib Bandung akan menghadapi Persija Jakarta di leg pertama final Piala Menpora 2021 yang dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4) malam pukul WIB. Untuk mendapatkan hasil positif, persiapan matang dilakukan skuad Maung Bandung.

Hanya saja pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, sedikit mengkhawatirkan kondisi para pemainnya. Efek jadwal padat, sejumlah pemain Pangeran Biru gagal mencapai titik fisik optimal. Akibatnya, Dedi Kusnandar dan kawan-kawan rentan terkena cedera.

Sebagaimana diketahui, Persib sampai di final setelah menyingkirkan PSS Sleman di semifinal. Babak itu dilangsungkan dua leg yakni pada Jumat (16/4) di Maguwoharjo dan leg kedua di Stadion Manahan Solo pada Senin (19/4).

Rentang waktu yang hanya berkisar tiga hari menurut Robert Albert, merupakan hal yang tak mudah bagi pemain. Tak hanya itu, perjalanan bolak-balik Sleman-Solo juga pastinya tambah melelahkan, apalagi di tengah bulan puasa ini.

Untuk mengatasi hal itu, Robert bekerja lebih detail untuk memilih pemain-pemain yang akan diturunkan. Ia mengandalkan data ilmiah dalam mengawasi fisik masing-masing pemain.

“Tim kami sedang bersiap, sambil mencoba tahap pemulihan, yang mana tidak gampang untuk para pemain. Di saat Ramadhan dan (melakukan) perjalanan harus tetap bermain. Tapi kami lakukan yang terbaik,” ucap Robert dalam sesi konferensi pers jelang pertandingan, Rabu (21/4/2021).

“Kami melakukan persiapan dengan sedikit ilmiah. Kita lihat tingkat pemulihan masing-masing pemain, kita lihat jarak antar-pertandingan, detak jantung, level kebugaran juga. Karena kita tahu bahwa sangat susah dalam turnamen ini untuk pemulihan,” lanjut juru taktik asal Belanda tersebut.

Simak Juga

Singgung Persija, Pelatih Persib: Kesehatan dan Keselamatan Pemain Lebih Penting!

Di sisi lain, Persib punya modal rekor belum terkalahkan di sepanjang turnamen pramusim. Bahkan, jika ditarik ke belakang, Maung Bandung belum terkalahkan sejak 2020 atau sejak kompetisi Liga 1 2020 digulirkan dan akhirnya berhenti karena Covid-19.

“Saya pikir itu sesuatu hal yang positif kita menjadi tim yang belum terkalahkan di turnamen ini. Bahkan sejak tahun 2020 (tak terkalahkan). Walaupun sudah lama tidak bermain sepakbola, pemain menikmati saat menyerang dan bisa bertahan dengan baik,” imbuh Robert.

Modal lain yang dimiliki Persib yakni barisan penyerang yang menakutkan. Wander Luiz, Frets Butuan, dan Ezra Walian menjadi mesin gol utama Pangeran Biru yang siap mengobrak-abrik pertahanan Persija Jakarta. Sejauh ini, Maung Bandung menjadi tim paling produktif di turnamen dengan torehan 12 gol.

“Saya pikir itu sangat positif, kami mencetak gol di setiap laga dan mencetak gol lebih banyak dari tim lain. Tapi, seperti yang sering saya katakan yang terpenting adalah kemenangan,” tegas pelatih 66 tahun itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in MAUNG BANDUNG