MAUNG BANDUNG

Persib Akan Pilih Garut Sebagai Alternatif Homebase?

MAUNG BANDUNG ID – Stadion RAA Adiwijaya Garut tengah dijajaki menjadi homebase alternatif Persib Bandung.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengaku sudah ada pembicaraan dengan Manajer Persib Bandung terkait wacana akan menggunakan Stadion RAA Adiwijaya sebagai salah satu alternatif homebase Persib Bandung.

”Sudah ketemu ngobrol sama Pak Haji Umuh, bagus tuh rumputnya kata Pak Umuh,” ungkapnya ditemui di rumah dinasnya di Pendopo Garut, Jumat (10/02/2023).

Bupati pun mengatakan dengan senang hati mempersilahkan jika Persib akan menggunakan stadion yang menggunakan rumput jenis rumput zoysia japonica itu.

”Persib ini kan milik Jawa Barat, kalau Persib mau menggunakan Adiwijaya ya ayo, asal ada pemeliharaan,” ujarnya.

Rudy menegaskan ingin stadion ini bermanfaat tapi harus ada pemeliharaan. Sebenarnya pihaknya sudah membuat anggaran untuk pemeliharaan menyangkut rumput lapangan.

”Kita juga akan membangun lagi tribun barat tahun ini, tapi kita konsultasi dulu dengan Kemenpora karena ada kasus Kanjuruhan itu. Jadi pembangunannya akan sedikit terlambat, tapi awal tahun 2024 selesai,” jelasnya.

Sementara itu Kadispora Garut, Basuki Eko, didampingi Kabid Olahraga membenarkan adanya keinginan pihak manajemen Persib untuk menjadikan Stadion RAA Adiwijaya sebagai homebase.

”Ya betul dari manajemen Persib sudah ada yang survei lapangan yaitu Pak Irvan, beliau menyatakan rumput lapangan ini sangat bagus dibanding tempat latihan Persib selama ini. Bahkan pelatih Luis Milla pun sudah setuju, namun dikarenakan jadwal pertandingan Liga 1 yang sangat ketat dan jarak yang cukup jauh, kemungkinan baru di liga berikutnya Persib latihan di sini,” tutur Basuki sembari memperlihatkan obrolan dengan Irvan dari Persib melalui aplikasi WhatsApp.

Basuki melanjutkan jika Persib jadi melaksanakan pemusatan latihan di Garut, maka akan berimbas pada meningkatnya perekonomian lokal.

”Bahkan untuk gelaran sepakbola Piala Dunia U-20 nanti kalau ada negara peserta yang mau latihan di sini kita persilahkan, tentu ada syarat dan ketentuan. Kalau begitu lapang ini akan Go Internasional dan yang penting akan berdampak pada meningkatnya perekonomian,” imbuhnya.

Ditemui terpisah, pengelola atau pihak ketiga yang membangun lapangan rumput stadion Zaini, menyatakan lapangan yang berlokasi di Kp. Ciawitali, Kecamatan Tarogong Kidul itu sudah siap digunakan.

”Lapangan ini sudah bisa digunakan, karena sudah satu tahun lebih rumputnya sudah benar benar mengakar ke dalam. Untuk Liga 1 pun sudah layak ini menurut saya,” kata Zaini.

Zaini juga membenarkan pernah ada utusan manajemen Persib yang datang sekitar dua minggu yang lalu.

”Dia sudah sangat cocok melihat lapangannya, tapi kalau Luis Milla ia lebih suka tinggi rumputnya itu 1,5 cm, kalau ini 2,1 cm. Tapi gampang nanti tinggal potong saja,” ucapnya.

Dari pengamatan langsung Maung Bandung ID, rumput stadion yang akan jadi kebanggaan masyarakat Garut itu sudah cukup bagus. Pantulan bolanya sudah pas, yakni sekitar 6 meter dan pemeliharaan rumput lapangan sangat terawat.

Untuk pengelolaan selanjutnya Stadion RAA Adiwijaya ini, Pemkab Garut rencananya akan menyerahkan ke pihak swasta profesional.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in MAUNG BANDUNG