MAUNG NASIONAL

PSSI Jalin Komunikasi dengan KBRI Qatar Soal Pemetaan Pemain Keturunan Indonesia

MAUNG BANDUNG ID – Saat ini ada berapa pemain asal Indonesia yang bermain di kompetisi sepakbola Qatar, di antaranya adalah Farri Agri yang bermain di Muaither SC (Liga 2) serta Khuwailid Mustofa yang bermain di Qatar FC (Liga 1 Qatar). Kedua pemain tersebut berasal dari Lhokseumawe, Aceh.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menjalin komunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Qatar yang salah satu poinnya adalah pemetaan WNI atau keturunan Indonesia yang saat ini bermain sepakbola di negara tersebut.

Apa yang dilakukan oleh pria yang akrab dipanggil Iwan Bule itu, sebagaimana dikutip dari laman media sosialnya di Jakarta, Kamis, merupakan salah satu rangkaian dengan keiikusertaanya pada FIFA Summit yang pelaksanaannya hampir bersamaan dengan Piala Dunia 2022 Qatar.

“Bersama Bapak Dubes (Ridwan Hassan) saya berdiskusi soal peluang-peluang kolaborasi antara PSSI dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Qatar, khususnya program pemetaan Warga Negara Indonesia atau keturunan Indonesia yang saat ini bermain sepak bola di Qatar,” tulis Iwan Bule.

“Saya mendapatkan informasi dari Bapak Dubes bahwa anak-anak atau keturunan Indonesia yang saat ini menggeluti sepakbola di Qatar. Bahkan ada anak Indonesia yang saat ini bermain di Liga 1 dan Liga 2-nya Qatar,” katanya menambahkan.

Baca Juga

Umuh Muchtar: Tanpa Penonton Lebih Baik Liga 1 Jangan Lanjut Dulu!

PSSI, PT LIB, Kepolisian dan Menpora Akan Gelar Rakor, Sinyal Kuat Liga 1 Bergulir 2 Desember 2022?

Memang benar, saat ini ada berapa pemain asal Indonesia yang bermain di salah satu negara Timur Tengah itu yang diantaranya adalah Farri Agri yang bermain di Muaither SC (Liga 2) serta Khuwailid Mustofa yang bermain di Qatar FC (Liga 1 Qatar). Kedua pemain tersebut berasal dari Lhokseumawe, Aceh.

“Potensi seperti ini akan sangat disayangkan jika tidak diakomodir dan diperjuangkan federasi dan Pemerintah Republik Indonesia. Talenta-talenta muda ini akan dapat mendorong Timnas Garuda untuk lebih berbicara banyak di kancah internasional,” katanya menjelaskan.

Selain melakukan pertemuan dengan Dubes Indonesia Ridwan Hassan di Doha, Qatar, Iwan Bule bersama dengan delegasi PSSI sebelumnya juga melakukan beberapa pertemuan lain di sela pelaksanaan FIFA Summit.

Bersama dengan Sekjen PSSI Yunus Nusi dan Wasekjen Maaike Ira Puspita melakukan pertemuan dengan Manajer Turnamen FIFA Christian Schmolzer. Adapun salah satu poin yang dibahas adalah terkait dengan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Selain itu Iwan Bule juga melakukan pertemuan dengan wakil ketua federasi sepakbola China, Du Zhaocai. Dalam pertemuan tersebut membahas beberapa peluang kerja sama antara PSSI dengan federasi sepakbola China, di antaranya pembinaan usia muda, infrastruktur dan rencana pertandingan persahabatan baik timnas maupun klub.

Baca Juga

Fix Liga 1 Dilanjutkan dengan Sistem Bubble

PSSI dan UEFA Kolaborasi Untuk League Development Program

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in MAUNG NASIONAL