MAUNG BANDUNG

Oknum Bobotoh Terus Berulah Nyalakan Flare, Umuh Meradang: Jangan Cari Panggung!

persib bobotoh flare maung bandung id
Oknum Bobotoh menyalakan flare pada laga Piala Presiden 2022 antara Persib vs Persebaya (17/6/2022) © Maung Bandung ID / Ryadhi

MAUNG BANDUNG ID – Menjelang bergulirnya pekan ketujuh kompetisi Liga 1 2022-2023, Komite Disiplin (Komdis) PSSI, kembali menjatuhkan sanksi hukum denda sebesar Rp 200 juta kepada Persib Bandung.

Hukuman tersebut diberikan kepada Maung Bandung akibat ulah oknum Bobotoh yang menyalakan flare pada pertandingan pekan kelima kompetisi Liga 1 2022-23 menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 19 Agustus 2022.

Denda sebesar Rp 200 juta tersebut merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018. Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat bagi Persib.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menyayangkan masih adanya oknum suporter yang menyalakan flare di stadion apalagi kejadian tersebut terjadi di kandang lawan. Pria yang akrab disapa Pak Haji ini merasa heran dengan kelakuan segelintir orang yang masih melanggar peraturan saat menyaksikan pertandingan Persib.

“Di rumah sendiri saya mengatakan jangan ada flare, tapi selalu ada. Ini maunya gimana?,” kata Umuh Muchtar.

Selain itu, akibat ulah segelintir oknum tersebut citra Bobotoh dan Persib menjadi dirugikan. Sehingga Umuh berharap kedepannya tidak ada lagi oknum suporter yang menyalakan flare baik pada laga kandang maupun tandang.

“Pergi ke Jogja di tempat orang lain bikin malu, dicemoohkan. Jadi rusak Bobotoh citranya. Karena itu-itu saja, cari panggung? Ga boleh,” ucapnya.

“Saya bicara keras demi kebaikan Persib dan nama Bobotoh. Ini 80-90 persen bagus, ini 5 persen ini, cuma orang sedikit tapi malah ngerusak yang 90 persen,” tegas Umuh.

Baca Juga

Luis Milla Ungkap Alasan Bersedia Latih Persib

Termasuk Beckham, Persib Boyong 20 Pemain ke Makassar

Sanksi tersebut bukan yang pertama didapat oleh Pangeran Biru. Pasalnya, sebelumnya Persib juga mendapat hukuman serupa karena ada oknum suporter yang menyalakan flare. Oknum Bobotoh menyalakan flare saat pertandingan tandang kompetisi Liga 1 musim 2022-23 melawan Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, 24 Juli 2022 lalu.

Sehingga, menjelang pertandingan pekan ketujuh kompetisi Liga 1 2022-2023, Persib sudah mendapatkan sanksi total Rp 400 juta akibat oknum suporter yang menyalakan flare. Sanksi tersebut, membuat Persib kecewa, pasalnya sebelumnya mereka sudah beberapa kali mengingatkan Bobotoh untuk tidak membawa dan menyalakan flare di dalam stadion.

Persib berharap hukuman tersebut menjadi yang terakhir, karena akibat ulah oknum suporter yang menyalakan flare, membuat skuad Maung Bandung dirugikan. Sementara itu, Persib Bandung saat ini sedang fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan selanjutnya di kompetisi Liga 1 musim 2022-23 menghadapi tuan rumah PSM Makassar, Senin (29/08/22).

Sebelumnya, Persib baru saja melakoni pertandingan kandang Liga 1 2022-2023 menghadapi Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (23/08/22). Pada pertandingan tersebut, tim kebanggaan Bobotoh gagal meraih poin, setelah takluk dengan skor 2-3 dari Bali United.

Baca Juga

Demi Kemajuan Persib, Luis Milla Serukan Semua Pihak Bersatu

Mengamuk di Bench Persib, Begini Penjelasan Erwin Ramdani

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in MAUNG BANDUNG