MAUNG BANDUNG

Jajal Formasi 3-4-3, Pelatih Persib Cukup Puas

persib uji coba porda kota bandung maung bandung id
Persib melakukan uji coba menghadapi tim Porda Kota Bandung dan Karawang United, Sabtu (5/6/2021) / Media Ofisial Persib

MAUNG BANDUNG ID – Keputusan Persib untuk memainkan tiga bek tengah itu cukup memberikan dampak positif. Robert juga puas dengan Victor, Jupe, dan Kuipers yang mampu memainkan skema tiga bek dengan bagus.

Perubahan formasi Persib Bandung untuk Liga 1 mendapat penjelasan dari Robert Alberts. Menatap Liga 1 2021, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, gencar melakukan sejumlah eksperimen.

Terbaru, nakhoda asal Belanda ini sedang menjajal formasi baru yang tak biasa dilakukan pada Liga 1 tahun sebelumnya. Sebelumnya, Robert Rene Alberts sering mengandalkan pola andalannya, yakni 4-2-3-1 di Persib Bandung.

Dalam pola tersebut, empat bek sejajar biasanya diisi Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Nick Kuipers dan Ardi Idrus. Namun, formasi itu kemudian berubah saat Persib melakoni laga uji coba melawan Karawang United, Sabtu 5 Juni lalu.

Bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Robert justru menggunakan formasi anyar 3-4-3. Tiga posisi bek dipercayakan kepada Victor Igbonefo, Achmad Jufriyanto dan Nick Kuipers.

Hal tersebut berbeda dengan game pertama melawan Karawang United yang tetap menempatkan dua bek tengah yang diisi oleh Supardi Nasir dan bek muda Kakang Rudianto. Menyikapi perubahan formasi yang tak lazim itu, Robert Alberts pun angkat bicara.

“Ya, bisa dikatakan pada permainan itu, kami bermain dengan formasi 3-4-3, atau jika ditambah dengan I Made di belakang (penjaga gawang) menjadi 1-3-4-3,” ujarnya dikutip dari laman resmi klub.

Simak Juga

Merasa Kurus dan Ingin Besarkan Badan, Beckham Putra Akan Diarahkan Begini

Geoffrey Castillion Segera Gabung Persib Pekan Depan

Menurut dia, keputusan untuk memainkan tiga bek tengah itu cukup memberikan dampak positif. Ia juga puas dengan Victor, Jupe, dan Kuipers yang mampu memainkan skema tiga bek dengan bagus.

Meski hanya tiga bek, namun mereka bisa meredam kecepatan para pemain Karawang United. Bahkan, Jupe masih mampu menyumbang sebiji gol dalam laga yang berakhir denga skor 2-0 tersebut.

“(Formasi 3-4-3) bekerja dengan baik. Porda tim yang bagus, memiliki kecepatan yang bagus pula, begitu pula skill individunya. Bisa dilihat mereka menyerang dari flank dan menjadi ujian yang bagus hari ini bagi kami terutama bagi bek tengah,” ucapnya.

Meski demikian, masih terdapat catatan yang harus segera dievaluasi pelatih berusia 66 tahun itu. Salah satunya berkaitan dengan kondisi fisik pemain yang belum mencapai tahap ideal. Dalam sepekan ini, Supardi dkk masih digemleng lagi dengan intensitas latihan tinggi.

Simak Juga

Persib Butuh 4-5 Laga Uji Coba Sebelum Turun di Liga 1

Robert Alberts Soroti Ketajaman Lini Depan Persib

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in MAUNG BANDUNG