FOSSBOLINDO JUNIOR LEAGUE

Fossbolindo Junior League (FJL)

fossbolindo junior league maung bandung id

MAUNG BANDUNG ID – Kehadiran FJL merupakan bentuk nyata kontribusi Fossbolindo terhadap pengembangan sepakbola usia dini di tanah air dan membantu program Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengembangkan bibit handal pesepakbola tanah air di masa mendatang.

Fossbolindo Junior League (FJL) merupakan program dari Forum Sekolah Sepakbola Indonesia (Fossbolindo) yang lahir dari sebuah konsep kompetisi bersifat liga untuk kategori usia 12, 13, 15 dan 17 tahun. Kompetisi ini adalah program berjenjang untuk liga junior dalam upaya menelurkan talenta-talenta belia potensial.

FJL pertama kali diadakan pada tahun 2017 dan terbatas untuk divisi Jawa Barat saja yang terpusat di Purwakarta. Di musim kedua, tepatnya tahun 2018, FJL berkembang menjadi tiga regional, yakni Bandung Raya 1, Bandung Raya 2 serta Divisi Utama yang meliputi peserta dari luar provinsi Jawa Barat. Memasuki musim kelima, FJL kini telah memiliki 27 divisi regional yang tersebar di 21 provinsi Indonesia. Namun, karena terhambat situasi Covid-19 beberapa provinsi baru akan menggelar kompetisi di bulan Juni 2021.

Selajutnya, FJL seri nasional akan digelar pada bulan November-Desember 2021 dan direncanakan bergulir di Diklat Merden, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Ini akan menjadi seri nasional yang ketiga, setelah sebelumnya FJL seri nasional sukses dihelat pada tahun 2019 dan 2020. Pemenang FJL seri nasional nantinya akan bertarung dalam seri internasional bertajuk South East Asia Football Tournament.

FJL memiliki misi memberikan pengalaman jam terbang, yaitu panggung arena untuk berkompetisi kepada para pesepakbola muda hasil binaan dari SSB di seluruh Indonesia, di mana mereka membutuhkan suatu pertandingan yang sifatnya berjenjang, mulai dari tingkat regional, nasional hingga internasional.

Mengusung asas “Dari Kita, Oleh Kita, Untuk Kita”, pembiayaan FJL dilaksanakan secara swadaya dari para penggiat sepakbola usia muda yang tergabung dalam Fossbolindo. Para peserta yang mengikuti FJL akan otomatis diakomodir sebagai anggota Fossbolindo.

Kehadiran FJL merupakan bentuk nyata kontribusi Fossbolindo terhadap pengembangan sepakbola usia dini di tanah air dan membantu program Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengembangkan bibit handal pesepakbola tanah air di masa mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

More in FOSSBOLINDO JUNIOR LEAGUE